Minggu, 25 Desember 2011

when we are growing...


We were trying to be better and better every year, at the end what we've got ? more problems in life, as good as you can solve it, automatically makes you growing to be a real adults. Satu kata yang bisa mewakili kebodohan terbesar seorang manusia dewasa adalah "sombong" ketika manusia menganggap dirinya lah yang terbaik, ketika dia tidak ingin menerima masukan apapun, ketika dia tidak mengindahkan perasaan orang lain, ketika dia hanya ingin di dengar tapi tak mau mendengar, maka ia sebenarnya adalah orang terbodoh di dunia, setiap manusia mestinya memiliki keterbatasan, dan dengan membatasi mata dan telinganya terhadap sekitarnya maka disitulah ia tengah menginves keterbatasannya sendiri, sementara di luar sana ribuan orang bersaing mencari tahu sebanyak banyak nya, bersiap siap menghadapi segala sesuatu yang di luar nalarnya, memaksimalkan sedemikian rupa logika nya, maka manusia dewasa yang bahkan tak perduli pada nalarnya sendiri hanya akan mati !

Manusia dan lingkungan sekitarnya begitu terikat kuat, bahkan dengan ribuan jenis makhluk hidup lainnya, setidaknya begitulah yang saya dapatkan dari kepercayaan Hindu, okelah itu bukan kepercayaan saya, tapi dengan mengetahuinya saya mendapatkan filosofi tersendiri, ini yang saya bilang membuka mata dan membuka telinga, bahkan untuk sebuah perbedaan dan keyakinan, saya masih membuka mata, saya bukan sok arif atau sok bijaksana, saya hanya tengah merendahkan hati saya untuk menerima semua informasi yang mungkin saya perlukan suatu hari nanti, seiring waktu berjalan dan berkembangnya jaman, tidak ada salahnya bila kita sebagai manusia bisa lebih menemukan celah satu sama lain agar dapat saling memahami dan mempermudah proses komunikasi yang notabene menjadi satu satunya jalan untuk beradaptasi dengan perbedaan, bukankah itu mengapa manusia di anugrahi daya talar dan logika sehingga menjadi paling mulia diantara makhluk hidup lainnya ? lantas apa gunanya jadi manusia bila daya talar dan logika serta akal tidak digunakan dan di fungsikan sebagaimana mestinya ?

Ketika kecoa hidup di lubang kaskus, dia menjadi binatang normal yang hidup pada habitatnya, namun ketika ia ingin sedikit sombong dan merasa lebih dengan pindah ke lubang kunci, maka yah...ia akan menjadi binatang paling besar disana ? namun apa yang akan dia dapati kemudian ? sebuah ruang sempit yang mungkin tak memberinya celah untuk bernafas, lain hal nya bila ia pindah ke lubang yang lebih besar dari lubang kaskus tempat asalnya, maka selain ia akan masih mendapati sebangsanya ia juga akan bertemu dengan binatang lain yang lebih besar, beda bentuk, beda jenis, dan ia akan mendapatkan tempat bernafas yang lebih luas, kesempatan mendapat makan yang lebih besar, dan yang pasti pengetahuan yang lebih banyak bahwa dia bukan satu satunya binatang di muka bumi ini, begitu juga manusia, apabila cuma untuk menjadi sombong ia turun ke sosialisasi yang lebih sempit dari komunitas asalnya, maka ia hanya akan membuat cara berfikirnya semakin picik walau untuk sementara waktu ia akan merasa yang terbaik di sosialisasi di bawah standardnya itu, namun apa yang akan dia dapati kemudian ? bila bukan ia yang mengkontaminasi sosialisasi yang lebih sempit dari sosialisasi asalnya, maka ia yang akan terkontaminasi dengan keterbatasan yang sudah menjadi lumrah di sosialisasi itu. Bukannya manusia harus berjalan maju ? bukan mundur !

Saya sempat berfikir serupa beberapa tahun silam, ketika saya jadi pekerja kantoran, saya akan bergaul dengan pekerja kasar, agar saya terlihat paling keren disana, yah itu benar benar terjadi, saya menjadi yang paling di eluk eluk an disana karena saya lebih banyak tahu hal yang mereka tidak tahu, namun akhirnya saya hanya bisa berbicara sendiri disana, karena disana tak seorangpun mengerti apa yang saya bicarakan, lantas mengapa saya harus menjadi keren disana ?, di kalangan sesama pekerja kantoran, ketika saya keren, saya akan benar benar keren, karena saya berkompetisi dengan lawan setimpal, maka saya tidak akan memilih untuk menjadi keren sendiri di kalangan pekerja kasar hanya untuk menjadi pemenang, karena pemenang sesungguhnya adalah ketika saya mengamalkan ilmu saya dan mengkontaminasi para pekerja kasar untuk bisa menjadi lebih dari saya, maka kontaminasi ini dengan sendirinya dinamai motivasi, dan itu lebih positif ketimbang saya menjadi keren sendiri ngga ada juntrungan...

Namun bila ini terjadi pada orang lain bagaimana saya membuatnya mengerti, memberinya shortcut tanpa ia harus mengalami seperti saya yang menjadi keren sesaat lalu berbicara sendiri karena tak satupun yang mengerti apa yang saya bicarakan, ini menjadi misi yang lebih sulit daripada mengalahkan ego saya sendiri, saya benar benar butuh bantuan !

Ini bukan tentang moral tapi ini mental, bukan masalah besar bila orang lain tidak bisa menghargai saya, tidak dihargai sudah menjadi nama tengah saya saking seringnya saya mengalaminya, tapi setidaknya saling memahami mungkin akan sedikit membantu bila tidak bisa di ajak berkomunikasi...hey...we were born different ! dan mau tidak mau kita harus beradaptasi dengan perbedaan, kalau boleh saya kiloin kesombongan anda, saya akan bersenang hati membuka lahan bisnis baru, jual kesombongan dengan harga promo ! agar setidaknya kesombongan itu bisa lenyap dari hidup saya dan sekitarnya ! huffttt...ini benar benar menjadi berat buat saya...

Sunday Gloom, 03.30 AM
05/02/2012

1 komentar:

  1. Halo, saya Rasheeda Muhammad dari Indonesia, dan saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk memperingatkan semua orang di sini untuk berhati-hati dari semua pemberi pinjaman pinjaman yang menimbulkan menjadi nyata. Mereka semua penipuan dan palsu dan niat mereka adalah untuk merobek Anda dari uang Anda sulit diperoleh. Saya telah menjadi korban pinjaman perusahaan ini tetapi tidak ada yang mampu memberikan pinjaman saya mencari sampai aku datang di Ibu Amanda Amanda Badan Kredit. Dia menawarkan saya pinjaman pada tingkat bunga yang terjangkau dari 2% dengan hanya beberapa formalitas dan requirements.After saya bertemu dengan persyaratan dan kondisi perusahaan, pinjaman saya disetujui dan saya sangat mengejutkan, itu ditransfer ke rekening bank saya dalam waktu kurang dari 24 jam. Anda dapat menghubungi Ibu Amanda melalui emailnya amandaloan@qualityservice.com dan Anda juga dapat menghubungi saya di rasheedamuhammad10@gmail.com saya email saya hanya bersaksi Ibu Amanda akan baik dan bantuan yang diberikan kepada dia saya dan keluarga saya dan saya juga ingin Anda menjadi penerima manfaat dari tawaran pinjaman nya.

    BalasHapus